JellyPages.com

Wednesday, October 13, 2010

Sisi Negatif Pengaruh Budaya Barat

Sisi negatif dari pengaruh budaya barat adalah kenakalan remaja sebagai bagian dari dekadensi moral bangsa ini. Penyebab menurunya moral atau akhlak remaja dapat dibagi atas : 
  1. Pengaruh kuat media informasi elektronika dan cetak yang mudah dicerna dengan tingkat   kesulitan sensor yang tinggi.
  2. Kurangnya pendidikan agama atau akhlaq, sebagai kunci kontrol diri remaja dalam menghadapi sikap negatif di lingkungan sekitar.
  3. Minimnya pengetahuan yang bisa dinikmati melalui pendidikan yang layak.
  4. Kekurangan rasa percaya diri dalam pergaulan hingga mudah terpengaruh oleh lingkungan yang buruk, ditambah minimnya keterampilan untuk mengembangkan potensi diri ke arah yang lebih baik.




Mengatasi dampak pengaruh budaya global dibutuhkan dukungan pemerintah, tokoh masyarakat serta masyarakat Indonesia untuk mengendalikan kondisi moral agar tetap berada pada nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

Pemerintah diharapkan melakukan konsepsi penanggulangan dampak negatif globalisasi pada nilai-nilai budaya bangsa. Direalisasikan berupa kebijakan, strategi dan usaha yang bisa diimplementasikan dalam kehidupan hidup berbangsa dan bernegara.

Maka untuk menghadapi semua ini perlu kesadaran, pengawasan dan dukungan kita bersama

No comments:

Post a Comment